Harga Hp dan Tablet terbaru Samsung, Sony, Nokia, Blackberry, Oppo, Xiaomi, Smartfren, LG, Lenovo, Acer, Advan, paket internet, cara hard reset, cara download, dll.

Dapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah per minggu dengan Mobil/Motor mu bersama GRAB. Simak info selengkapnya DISINI
3.6.20

Nomor Pusat Pesan (SMSC) Indosat IM3, Simpati, Xl, Smartfren


Nomor Pusat Pesan (SMSC) - Anda mungkin pernah mengalami dimana anda gagal atau tidak bisa mengirim sms ke nomor tujuan anda meski mungkin serharusnya pulsa yang anda miliki masih bisa untuk mengirim sms. Hal tersebut tentu akan sangat merepotkan dan juga bisa membuat kesal terlebih jika pada saat itu anda sedang ingin mengirim pesan penting untuk teman atau keluarga anda. Jika masih ada pulsa yang cukup untuk menelpon mungkin masih bisa diatasi dengan langsung melakukan panggilan, namun tentu beda cerita jika ternyata sisa pulsa yang dimiliki hanya bisa untuk mengirim sms saja.

Permasalahan tidak bisa kirim sms tersebut tentu saja bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah karena nomor pusat pesan (smsc) yang digunakan pada ponsel tersebut belum diatur atau pengaturannya hilang atau adakalanya pengaturan berubah dengan sendirinya sehingga menyebabkan nomor ponsel anda tidak bisa digunakan untuk mengirim sms meskipun sisa pulsa seharusnya masih cukup untuk mengirim SMS.

Nomor Pusat Pesan
Pada dasarnya biasanya memang nomor pusat pesan (sms center) akan otomatis terisi atau tersetting ketika nomor digunakan pada sebuah ponsel. Namun adakalanya pengaturan nomor pusat pesan (smsc) tersebut bisa hilang atau berubah sendiri tanpa kita sadari, sehingga membuat kita harus melakukan pengaturan ulang nomor smsc tersebut. Anda bisa coba atasi masalah tersebut dengan cara melakukan restart / reboot ponsel anda dengan harapan nomor pusat pesan akan otomatis terisi/teratur kembali sesuai semestinya sehingga nomor bisa kembali digunakan untuk mengirim pesan sms.

Namun jika cara restart / reboot diatas masih belum menyelesaikan masalah, anda bisa melakukan pengaturan nomor pusat pesan pada ponsel anda secara manual sesuai dengan operator yang anda gunakan. Cara untuk melakukannya sendiri relatif tidaklah sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama, namun tentu saja anda harus mengetahui nomor pusat pesan operator yang anda gunakan seperti misal nomor pusat pesan Indosat IM3, nomor pusat pesan Simpati, XL, Smartfren dan lain sebagainya. Berikut adalah daftar nomor pusat pesan semua operator di Indonesia yang dapat anda gunakan.

Nomor Pusat Pesan / SMSC All Operator

  1. Nomor Pusat Pesan / SMSC Indosat Ooredoo (IM3): +62855000000
  2. Nomor Pusat Pesan / SMSC Indosat Ooredoo (Mentari, Matrix): +62816124
  3. Nomor Pusat Pesan / SMCS Telkomsel Simpati, Halo, AS: +6281100000
  4. Nomor Pusat Pesan / SMSC XL Axiata: +62818445009
  5. Nomor Pusat Pesan / SMSC Axis: +628315000032
  6. Nomor Pusat Pesan / SMSC 3 (Three): +6289644000001
  7. Nomor Pusat Pesan / SMSC Smartfren: +628811223344
Nomor pusat pesan (SMSC) mungkin merupakan salah satu hal yang tidak pernah tefikirkan karena seperti telah disebutkan diatas, pada dasarnya atau defaultnya nomor pusat pesan akan otomatis terisi sendiri ketika kita memasukkan sebuah nomor dari operator tertentu. Ponsel akan menyesuaikan secara otomatis nomor pusat pesan (SMSC) sesuai dengan operator seluler yang digunakan. Namun meski begitu tidak ada salahnya anda menyimpan atau setidaknya mengingat salah satu dari nomor pusat pesan diatas agar ketika suatu waktu anda mengalami masalah tidak bisa mengirim sms bisa mengatasinya dengan cara mengatur ulang nomor pusat pesan pada ponsel anda.

Cara Mengatur Nomor Pusat Pesan / SMS Center (SMSC)

Untuk melakukan pengaturan nomor pusat pesan / SMS center sendiri relatif tidak sulit dan biasanya menu pengaturan tersebut terdapat pada menu SMS itu sendiri. Contoh pengaturan SMSC pada hp Oppo F1 adalah anda bisa buka menu SMS -> Setting -> Message Center -> SIM1/SIM2. Untuk lebih mudah dalam memahaminya, bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.
Pengaturan SMS Center (SMSC)

Nomor Pusat Pesan (SMSC)
Anda tinggal menyesuaikan saja bahasanya sesuai dengan yang anda gunakan. Pada dasarnya untuk melakukan pengaturan nomor pusat pesan (SMSC) pada jenis atau tipe ponsel lainnya tidak akan berbeda jauh dengan langkah diatas. Anda tinggal masuk pada menu sms kemudian cari pada bagian pengaturan/setting pada menu SMS tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan untuk kali ini semoga bermanfaat untuk anda semua yang mungkin saat ini sedang mencari informasi mengenai nomor pusat pesan (SMSC) Telkomsel/Simpati, Nomor SMSC Indosat IM3, XL, Smartfren, Three dan lainnya. Jika ada tambahan nomor pusat pesan dari operator lainnya yang mungkin belum kami sertakan diatas silakan tambahkan melalui kolom komentar yang ada dibawah tulisan ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nomor Pusat Pesan (SMSC) Indosat IM3, Simpati, Xl, Smartfren

1 comments: